Memahami Investasi Reksadana Dan Cara Kerjanya

Ada banyak cara membeli reksadana yang dapat Anda pilih dan lakukan. Namun sebelum melakukan pembelian, ada baiknya jika Anda mengenali reksadana itu sendiri terlebih dahulu. Dengan demikian beragam langkah lainnya yang harus Anda lakukan dalam proses pembelian pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Berikut penjelasannya : 

Mengenal reksadana 

Reksadana dikenal sebagai kumpulan uang yang digunakan untuk investasi, baik itu dalam bentuk obligasi, saham atau bahkan jenis instrumen investasi lainnya. Reksadana sendiri dapat dilakukan oleh individual atau perorangan juga oleh kelompok tertentu, seperti halnya organisasi, institusi dan lainnya. Sebagai investasi yang banyak diminati, reksadana dapat Anda mulai dengan jumlah yang cukup rendah. Selain itu, keberadaannya pun telah diatur oleh undang-undang, sehingga Anda yang menggunakannya pun dapat menjaga uang yang Anda investasikan dengan lebih aman. 

Memahami cara kerja reksadana 

Cara kerja reksadana diatur oleh manajer investasi yang mana akan membagi dana yang telah Anda investasikan ke dalam berbagai macam jenis investasi di perusahaan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Dengan demikian, jika investasi yang dilakukan di perusahaan yang satu mengalami kerugian maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih memiliki instrumen di perusahaan lainnya. 

Selain itu, reksadana juga dikenal dengan aksesnya yang mudah untuk dilakukan dan memiliki saluran yang lebih luas. Dengan demikian, beragam informasi pun bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah darinya. Bahkan Anda pun bisa mendapatkan beragam keuntungan dan kelebihan lainnya.

Menetapkan tujuan 

Setelah mengetahui apa yang disebut dengan reksadana serta bagaimana cara kerja yang dimilikinya, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan sebelum membelinya adalah menetapkan tujuan. Dalam hal ini, Anda dapat menetapkan tujuan dari investasi yang akan dilakukan dengan lebih pasti. Seperti halnya investasi untuk dana sekolah anak, rumah impian di masa depan atau bahkan simpanan untuk dana pensiun Anda. 

Selain menetapkan tujuan Anda juga harus memahami bahwa berinvestasi di reksadana juga memiliki resiko. Dengan kata lain meskipun dikenal sebagai jenis investasi yang aman, reksadana tetap berpeluang untuk terkena resiko berbahaya. Seperti halnya resiko dari jumlah keuntungan yang tidak pasti atau bahkan resiko  yang diakibatkan oleh turunnya nilai investasi. 

Mengenali jenis investasi reksadana 

Jika beberapa hal di bagian atas telah Anda pahami, maka hal selanjutnya yang dapat Anda perhatikan sebelum melakukan pembelian investasi reksadana adalah mengenal jenis-jenis investasi yang ditawarkan olehnya. Berikut ini adalah beberapa jenis investasi reksadana yang banyak digunakan, di antaranya : 

  • Reksadana pendapatan tetap
  • Reksadana terproteksi
  • Reksadana pasar uang 
  • Reksadana saham 
  • Reksadana campuran 

Tempat membeli reksadana 

Jika Anda mencari tempat jual investasi reksadana, maka pastikanlah untuk melakukan pembelian secara langsung pada pihak yang mengelola serta mengatur reksadana itu sendiri yang dikenal dengan sebutan manajer investasi. Namun selain melakukan pembelian padanya Anda juga dapat melakukan proses jual beli reksadana pada bank atau bahkan beragam platform online lainnya yang dikenal sebagai agen dari penjualan produk reksadana itu sendiri. 

Itulah kiranya penjelasan singkat terkait beberapa hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum mengikuti cara membeli reksadana dengan lebih tepat.