Merawat Peralatan dapur restoran stainless steel

Peralatan dapur restoran merupakan sarana yang harus dimiliki suatu restoran, agar tetap bisa berjalan. Kualitas peralatan dapur juga berkorelasi dengan kualitas makanan dan minuman yang akan ditawarkan ke pelanggan. Peralatan dapur restoran stainless steel umumnya digunakan banyak restoran, karena memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah tahan lama, mudah dibersihkan, dan lebih aman digunakan karena tidak mengandung bahan anti karat atau zat anti lengket.

Stainless steel juga memiliki mudah dibersihkan sehingga higienitas dapat terjaga. Peralatan dapur bisa dibersihkan menggunakan sabun anti kuman atau sabun pembersih biasa. Penggunaan bahan ini sangat cocok bagi restoran yang memiliki standar kebersihan tinggi, dan selalu menjaga kualitas makanan. Dengan kebersihan dan higienitas yang baik, rasa makanan yang dihasilkan tidak akan berubah, baik rasa maupun baunya.

Peralatan dapur restoran stainless steel lebih tahan karat karena, dilapisi oleh lapisan film kromium. Lapisan ini terbentuk dari reaksi antara oksigen dengan kromium yang terdapat dalam stainless steel. Peralatan dapur restoran yang terbuat dari stainless steel tidak perlu diberi lapisan anti karat lagi seperti unsur cadmium, seng, atau pun cat. Untuk tampilannya, stainless steel memiliki warna silver yang menarik, dan memiliki kesan elegan. Banyak sekali peralatan restoran yang terbuat dari stainless steel, diantaranya adalah meja, rak, wall shelf, lemari, alat pencuci piring, panci, Teflon, pisau, sendok, dan garpu.  

Peralatan dapur restoran stainless steel memang lebih tahan karat daripada yang terbuat dari besi. Namun, bukan berarti tidak dapat berkarat. Peralatan dapur yang sudah lama digunakan akan tergores, dan lapisan film kromium nya dapat mengalami kebocoran. Kebocoran ini dapat menjadikan peralatan dapur berkarat. Selain itu, unsur pelapisnya yang berupa logam juga dapat berbahaya jika larut dalam makanan. Maka dari itu, ada baiknya kalian melakukan perawatan-perawatan di bawah ini, agar peralatan dapur restoran dapat lebih awet.

Merawat Peralatan dapur restoran stainless steel

Sebelum digunakan untuk pertama kali, sebaiknya Peralatan dapur restoran yang terbuat dari stainless steel dibersihkan dengan air hangat dan sabun terlebih dahulu. Agar makanan tidak lengket, bisa ditambahkan mentega atau minyak. 

Ketika membersihkan peralatan dapur, gunakan penggosok yang lembut seperti spon atau kain. Hindari penggunaan steel wool, agar terhindar dari goresan. jangan panaskan peralatan dapur stainless steel dalam keadaan kosong, agar tidak menimbulkan asap dan bekas warna yang sulit dihilangkan.

Setelah peralatan dapur restoran stainless steel digunakan, selalu cuci dengan sabun hingga bersih, dan keringkan dengan lap. Usahakan jangan sampai terdapat noda air pada peralatan. Perawatan yang benar akan membuat peralatan dapur restoran stainless steel kalian awet.