Penyebab Infertilitas pada Pria dan Wanita

Biaya cek kesuburan wanita harus disiapkan jika anda mengetahui bahwa kondisi anda memang merupakan kondisi yang membutuhkan pengecekan tersebut. Untuk mengetahui apakah anda sudah termasuk dalam kondisi yang mengalami masalah infertilitas atau tidak, berikut ini adalah ulasannya. 

Infertilitas pada wanita 

Infertilitas sering kali muncul dari pihak wanita. Hal ini disebabkan karena masalah organ reproduksi wanita memang cukup rumit dan banyak. Hal inilah yang menyebabkan infertilitas sering kali muncul dari pihak wanita. Mulai dari kondisi ovarium dan tuba yang tidak sehat, masalah hormon yang mempengaruhi pematangan telur, infeksi dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Wanita memang memiliki sistem reproduksi yang banyak dan juga kompleks. Hormon serta kondisi mental dapat benar-benar berpengaruh pada organ reproduksi. Beberapa masalah atau hal yang dapat menyebabkan masalah infertilitas ini antara lain adalah :

  • Stres
  • Usia
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Infeksi pada tuba falopi 
  • Obesitas 
  • Gangguan hormon 

Hal-hal diatas merupakan hal yang paling umum terjadi pada wanita yang menyebabkan terjadinya infertilitas. Beberapa di antaranya bisa disembuhkan dengan terapi dan tindakan medis tapi beberapa hal lain memang perlu usaha lebih untuk penyembuhannya.

Selain itu, biaya cek kesuburan wanita biasanya memang lebih banyak. Hal ini disebabkan karena organ reproduksi wanita memang lebih banyak dibandingkan dengan organ reproduksi laki-laki sehingga yang harus dicek memang lebih banyak. 

Infertilitas pada pria 

Bagi pria, infertilitas merupakan salah satu hal yang jarang terjadi asalkan mereka bisa menjaga pola hidup sehat dan tidak memiliki riwayat kesehatan yang menghambat kehamilan bagi pasangannya. Akan tetapi kondisi infertil pada pria tetap bisa terjadi. Biasanya pria yang mengalami infertilitas disebabkan karena kondisi spermanya yang tidak sempurna. 

Satu-satunya hal yang menyebabkan pria menjadi infertil adalah karena kondisi  sperma yang dimilikinya tidak sempurna dan tidak berfungsi sebagaimana layaknya.  Sperma yang sehat adalah sperma yang memiliki kepala yang lonjong, memiliki ekor yang panjang dan sempurna (tidak patah), serta memiliki leher yang sehat. Bagian kepala juga harus memiliki enzim yang mampu digunakan untuk menembus dinding ovum. 

Selain itu, kondisi  sperma yang sehat juga bisa dilihat dari segi kekentalan sperma tersebut. Makin kental sperma, maka makin banyak pula jumlah sperma yang dimilikinya. Hal ini merupakan salah satu hal yang menunjukkan kesuburan bagi pria. 

Karena kondisi kesehatan sperma merupakan hal satu-satunya yang menjadi penyebab subur tidaknya seorang pria, maka biaya cek kesuburan bagi pria memang lebih murah dibandingkan dengan biaya cek kesuburan wanita. Untuk mengetahui apakah seorang pria subur atau tidak hanya diperlukan tes lab untuk mengetahui kondisi sperma yang dimiliki oleh seorang pria.