Apa Itu Besi Kanal U dan Penggunaannya

Selain besi kanal C, adapula besi kanal U yang bisa digunakan dalam memperkuat bangunan yang sedang dirancang. Besi jenis ini disebut sebagai kanal U karena memang bentuk penampang irisannya yang menyerupai huruf U. Setiap perusahaan konstruksi umumnya menggunakan besi jenis ini untuk beberapa hal, seperti penguat struktur (bracing) pada bangunan jembatan berbahan baja, gedung bertingkat, hingga struktur penguat bangunan lainnya. Untuk memilih besi model kanal U yang sesuai dengan kebutuhan, seorang arsitek perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

Perhitungan kekuatan struktur

Sebelum besi berbentuk kanal U dipasang dan dikaitkan satu sama lain, seorang penggambar bangunan perlu memperhitungkan kekuatan struktur yang akan ditambahkan kekuatannya dengan penggunaan kanal U. Perhitungan standar kekuatan bangunan ini diperlukan untuk memastikan bangunan tetap tahan lama dalam jangka waktu tertentu dan tahan terhadap kemungkinan tekanan berlebih, seperti pada keadaan gempa bumi atau bencana alam lainnya. 

Berat besi kanal

Setiap ukuran besi kanal U memiliki berat masing-masing yang pemasangannya perlu disesuaikan dengan struktur dudukannya. Berat besi umumnya dapat dilihat dari dimensi besi kanal yang dibeli, misalnya saja untuk besi UNP dengan ukuran 50x38x5mm sepanjang 6m, memiliki berat 31kg. Sedangkan untuk besi lain dengan ukuran 120x55x6mm dengan panjang 6m, memiliki berat 75kg. 

Ukuran penampang 

Setiap besi yang berbentuk kanal U memiliki ukuran luas penampang tempat rangka besi kanal akan diletakkan sebagai struktur penguat. Ukuran penampang dasar bangunan ini perlu disesuaikan penghitungannya dengan ukuran berat dan luas ukuran besi. 

Penyedia besi kanal

Ketika Anda ingin mendapatkan besi kanal U yang berkualitas setelah menggambar struktural dasar bangunan maupun hitungan struktur lainnya, apabila Anda berprofesi sebagai seorang arsitek, Anda perlu tahu lokasi distributor besi kanal terekomendasi yang bisa memfasilitasi kebutuhan akan besi kanal UNP. Perusahaan jasa yang dituju sebaiknya memiliki ijin industrial hingga ijin usaha lainnya yang memastikan transaksi yang dilakukan aman. Selain itu, pastikan varian ukuran yang dibutuhkan dapat disediakan tepat waktu dari perusahaan distributor tujuan.