Cara Menentukan Kapasitas Genset Sesuai Dengan Kebutuhan

Kapasitas genset adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin membeli atau sekedar ingin menyewa genset. Pasalnya, ada banyak sekali ukuran kapasitas genset yang ada di pasaran. Tentu saja, kapasitas genset tersebut juga harus anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Karena genset untuk kebutuhan rumah tangga tentu saja akan berbeda dengan kapasitas genset yang diperlukan untuk kebutuhan industri. 

Bagaimana cara menentukan kapasitas genset yang sesuai dengan kebutuhan? 

Bagi anda yang baru pertama kali ingin membeli genset, pasti bukanlah hal yang mudah bagi anda untuk menentukan ukuran kapasitas genset yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pada umumnya, untuk kebutuhan rumah tangga genset yang biasanya digunakan memiliki kapasitas sekitar 1000 kVa hingga 10.000 kVa, sedangkan untuk kebutuhan industri kapasitas genset yang digunakan biasnya lebih besar daripada kapasitas genset yang digunakan untuk keperluan rumah tangga. 

Genset adalah salah satu  cadangan listrik yang sangat dibutuhkan sekarang ini, terlebih lagi ketika sedang ada pemadaman listrik secara mendadak atau terjadi pemadaman listrik dalam jangka waktu yang cukup lama. Pada intinya genset sangat anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik anda ketika sedang terjadi pemadaman listrik. Nah, sebelum anda membeli genset, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu berapa kapasitas genset yang akan anda butuhkan agar genset yang akan anda beli tersebut dapat bekerja secara maksimal. 

Untuk menghitung kapasitas genset, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan area Mana sajakah yang perlu anda cadangkan agar tetap memiliki aliran listrik seat sedang terjadi pemadaman secara mendadak atau pun pemadam dalam jangka waktu yang lama. Selanjutnya, anda juga bisa menghitung besaran kapasitas mulai dari hal-hal yang penting dan diprioritaskan terlebih dahulu. Karena semakin banyak yang akan anda cadangkan pada genset, maka akan semakin besar pula kapasitas genset yang akan anda perlukan serta akan semakin banyak pula bahan bakar untuk genset yang akan anda butuhkan. Selain itu, genset yang memiliki kapasitas besar juga memiliki harga yang relatif lebih besar daripada genset dengan kapasitas kecil. 

Untuk menghitung ukuran kapasitas genset ada rumus yang bisa anda gunakan. Rumusnya adalah sebagai berikut kVa=kW/0.8. jadi misalnya anda membutuhkan daya sebesar 2000 watt maka kapasitas genset yang anda perlukan adalah 2kW/0.8 atau 2000 Watt/0.8= 2.5 kVa. Agar lebih aman maka anda bisa memilih genset dengan kapasitas 3 kVa. Begitulah cara yang bisa anda lakukan untuk menghitung ukuran kapasitas genset sesuai dengan kebutuhan anda.