Tips Merawat Genset dengan Baik

Genset atau generator set merupakan perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik. Dikenal dengan sebutan generator set dikarenakan gabungan dari dua perangkat berbeda yaitu generator dan engine. Engine sebagai perangkat pemutar dan generator sebagai perangkat untuk membangkitkan listrik. Engine berupa perangkat mesin diesel dengan bahan bakar solar atau mesin berbahan bakar bensin, lalu untuk generator adalah kumparan tembaga yang terdiri dari beberapa komponen. Nah, anda bisa simak beberapa tips perawatan berikut ini untuk menjaga genset Surabaya menjadi lebih awet.

Memahami manual textbook

Jika anda membeli genset, pastikan jika orang yang akan mengoperasikannya sudah memahami betul dengan metode pemakaian mulai dari cara menghidupkan genset, cara mengisi oli, ataupun metode lainnya yang sudah dijabarkan dalam manual text book. Hal tersebut bisa mengurangi resiko kerusakan diakibatkan salah penggunaan bisa diminimalkan.

Mengerti cara memasang kabel dengan benar

Jika anda harus merakit sendiri genset yang dibeli, pastikan jika seluruh kabel sudah terpasang dengan benar. Pastikan jika semua kabel bisa terpasang kuat dan tidak kendor sehingga tidak terjadi konsleting. Jika berbicara dengan kabel, pastikan anda tidak menyentuh terminal output yang ada di genset, terlebih lagi ketika genset sedang digunakan, hal tersebut bisa menyebabkan anda tersengat arus listrik yang lumayan tinggi. Ketika anda ingin memasang kabel power, anda bisa coba matikan MCB dahulu.

Posisikan genset dengan benar

Jika anda membeli genset, anda bisa letakkan alat tersebut di area terlindung yang tidak akan menimbulkan polusi suara, polusi udara, dan polusi berbahaya lainnya. Pastikan anda tidak meletakkan genset di lokasi lembab dan mendapatkan sirkulasi udara yang baik meski ditempatkan di dalam ruangan. Hal tersebut akan menjaga suhu mesin terjaga tetap dingin. Pastikan ruangan untuk menempatkan genset bersih terhindar dari hewan pengerat seperti tikus, Ketika anda meletakkannya di luar ruangan, pastikan ada pelindung atau kanopi yang melindungi genset dari tekanan udara yang berubah-ubah.

Anda bisa gunakan tips di atas untuk merawat genset Surabaya, supaya genset tetap awet dan tahan lama. pastikan anda selalu menjaga kebersihan.