Apa yang Dimaksud dengan Printer Flatbed?

Untuk Anda yang sedang belajar mengenai teknologi dan jenis-jenis printing. Salah satu jenis printer yang harus Anda pelajari adalah flatbed printing. Apa yang dimaksud dengan printer flatbed ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

Apa itu printer flatbed? 

Jika Anda berpikir bahwa printer flatbed adalah sebuah tempat tidur atau printer untuk tempat tidur, maka Anda salah besar. Karena printer flatbed pada dasarnya adalah salah satu jenis printer yang melakukan kegiatan printing ini dengan menggunakan teknologi campuran. 

Jika printer pada umumnya melakukan kegiatan pencetakan ini dengan menggunakan tinta saja, maka printer flatbed ini berbeda. Printer flatbed ini merupakan sebuah printer yang memanfaatkan tinta dengan sinar ultra violet. Sangat unik bukan? 

Apa tugas sinar ultra violet pada printer flatbed? 

Printer flatbed memang merupakan salah satu jenis teknologi printer yang sangat unik karena penggunaan tinta dengan sinar ultra violet ini. Akan tetapi Anda tidak perlu bingung karena dalam printer flatbed ini sinar ultra violet tidak digunakan untuk mencetak tapi untuk mengeringkan tinta yang sudah dicetak pada medianya. 

Ya, media yang digunakan untuk melakukan pencetakan dengan mesin printer flatbed ini beda dengan printer pada umumnya. Jika printer lain merupakan printer yang digunakan untuk melakukan pencetakan pada kertas biasa, printer flatbed ini merupakan printer digunakan untuk mencetak di media yang unik. Beberapa jenis media yang digunakan mencetak dengan printer flatbed ini antara lain adalah bahan akrilik, kayu dan juga di plastik. 

Manfaat melakukan printing di printer flatbed 

Menggunakan mesin flatbed printing juga memiliki banyak kelebihan. Selain bisa melakukan printing di media yang unik. Hal lain yang membuat menjalankan printing dengan menggunakan printer flatbed ini makin menarik adalah hasil printing yang dimilikinya. Karena setelah dicetak, tinta di keringkan dengan menggunakan sinar ultra violet, maka hasil cetakan menjadi lebih presisi dan tidak meluber. 

Selain itu, printer flatbed ini juga memiliki warna cetakan yang lebih menarik. Hal ini disebabkan karena hasil cetakan dari printer flatbed ini memang memiliki lebih cerah atau tidak pucat. Hal ini disebabkan karena pengeringan yang dilakukan oleh sinar ultra violet membuat tidak ada tinta yang menguap saat proses pengeringan. 

Penggunaan dari printer flatbed

Selanjutnya, hal yang harus Anda tahu dari printer flatbed adalah mengenai penggunaannya. Karena media printing dari printer flatbed ini sangat unik, maka penggunaan dari printer flatbed ini juga tidak sembarangan. Biasanya printer flatbed ini akan digunakan untuk mencetak produk seperti ID Card, piala atau tropi, dan benda-benda lain yang terbuat dari bahan atau media yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Nah demikian ulasan singkat mengenai flatbed printing, semoga bermanfaat ya!